10 Plugin Penting Wajib Pasang di Website WordPress

Posted on 6 views

Plugin Penting Wajib Pasang di Website WordPress

Website yang dibuat dengan CMS WordPress sangat mudah dimodifikasi dan dioptimalkan, baik dari sisi SEO, desain, maupun keamanan.

Blog selfhosted WP didukung banyak sekali plugin untuk beragam fitur tambahan tanpa harus menguasai ilmu coding.

Plugin adalah aplikasi tambahan yang berguna untuk memperkaya fungsi serta fitur website WordPress. Plugin WordPress dapat disesuaikan dengan kebutuhan dalam mengelola website sesuai Tema WP yang dipilih

WordPress menyediakan lebih dari 56.000 plugin berbeda yang bisa Anda unduh dengan bebas.

10 Plugin Penting Wajib Pasang di Website WordPress

Karena plugin sangat banyak, bukan berarti kita bisa pasang sebanyak-banyaknya. Justru harus sesedikit mungkin agar performa website tetap ringan (fast loading).

Berikut ini 10 Plugin Penting Wajib Pasang di Website WordPress.

1. Akismet

Akismet Plugin AntiSpam

Plugin WordPress pertama yang wajib diinstal dan diaktifkan adalah Akismet. Plugin ini biasanya otomatis terpasang saat kita instal WP. Jadi, tinggal aktifkan saja.

Plugin ini bisa menyaring atau bahkan menghapus komentar spam di halaman websiteSebagai pemilik sekaligus pengelola situs, Anda bisa memilih akan menampilkan atau menghapus komentar-komentar yang diberikan oleh pengunjung.

Komentar spam adalah komentar yang menyertakan lin aktif dengan tujuan backlink. Sangat berbahaya jika link yang disertakan dalam komentar melanggar aturan Google ataupun pemerintah.

2. Yoast SEO

Yoast SEO WP

Jika tema WP Anda premium, biasanya sudah ada settingan SEO. Namun, belum ada, plugin ini wajib banget dipasang untuk meningkatkan SEO website WP.

Selain dipengaruhi oleh kecepatan loading, web kita juga harus bersaing untuk bisa muncul di halaman pertama mesin pencari (Google).

Pulgin Yoast SEO paling populer karena mudah digunakan, termasuk bagi para pemula yang baru belajar optimasi SEO dalam mengelola website.

SEO Yoast menawarkan berbagai kemudahan untuk penerapan SEO dasar, seperti pembuatan sitemap XML, pemeriksaan kata kunci, pembuatan meta description, hingga menyembunyikan postingan yang tidak Anda inginkan di Google.

SEO Yoast patut Anda andalkan karena akan menampilkan meta description serta title tag di search engine. Plugin ini juga akan membantu mengoreksi apabila Anda melakukan kesalahan saat memasukkan title dan description.

Yoast SEO juga memiliki fitur breadcrumb yang tinggal diaktifkan untuk meningkatkan SEO halaman.

Baca Juga:  Tema WordPress Tercepat - Fastest WP Themes

3. Jetpack

jetpack plugin wp

Plugin bisa dikatan paling poweful dan lengkap! Tak kurang dari 30 fitur disediakan di plugin Jetpack yang tersambung dengan wordpress.com ini.

Futur plugin Jetpack antara lain statistik pengunjung,  subscribe form, social share, related post, posting otomatis ke media sosial Facebook, Twitter, dan Linkedin, juga fitur keamanan yang akan melindungi situs dari ancaman Brute Force yang mencoba login ke CMS secara terus menerus.

Tersedia juga fitur lazy load untuk mempercepat loading website.

4. Really Simple SSL

Really Simple SSL

Plugin ini untuk setting otomatis https di website wp. Really Simple SSL secara otomatis mendeteksi pengaturan Anda dan mengonfigurasi situs web Anda untuk menjalankan https. Agar tetap ringan, opsi dijaga agar tetap minimum. Seluruh situs akan pindah ke SSL.

Untuk menginstall dan mengaktifkan plugin ini, Anda harus pasang dulu Let’s Encrypt di Cpanel untuk mengaktifkan SSL gratis, atau beli SSL premium.

5. Contact Form 7

contact form plugin WP

Plugin Contact Form 7 ini untuk membuat halaman kontak dengan mudah. Halaman kontak memudahkan pengunjung untuk menghubungi Anda sebagai pemilik website. 

Biasanya, jenis plugin ini banyak digunakan oleh website company profile, blog, maupun toko online. Dilengkapi dengan fitur upload file, reCaptcha, serta terintegrasi langsung dengan Akismet, Contact Form 7 dapat digunakan untuk mengelola banyak satu form kontak sekaligus.

6. WP Hide & Security Enhancer

 WordPress.org WP Hide & Security Enhancer

Keamanan merupakan salah satu aspek paling penting di website WordPress. Anda perlu melindungi website dari berbagai serangan seperti bruteforce, malware, SPAM dan percobaan peretasan oleh hacker.

Selain WP Hide, ada alternatif  Wordference Plugin untuk keamanan website.

Wordfence Security – Firewall & Malware Scan

Wordfence akan melindungi website Anda dari berbagai malware. Jika terdapat aktivitas mencurigakan pada website seperti gagal login maupun akses dari IP Address tak dikenal, Anda akan menerima notifikasi secara otomatis melalui email.

Wordfence memungkinkan Anda untuk melakukan scanning di website. Dengan demikian, Anda akan tahu file yang dicurigai sebagai malware, theme & plugin yang harus segera diupdate. Semua akan ditampilkan dalam report yang dapat dibaca dengan mudah.

7. WP-Optimize – Clean, Compress, Cache

WP-Optimize – Clean, Compress, Cache

WP-Optimize adalah plugin revolusioner, all-in-one yang membersihkan database Anda, mengompres gambar Anda dan cache situs Anda.

Baca Juga:  Cara Membuat Website WordPress - Panduan untuk Pemula

Fitur cache kami dibangun di sekitar mesin caching tercepat di dunia. Alat sederhana, populer dan sangat efektif ini memiliki semua yang Anda butuhkan untuk menjaga situs web Anda cepat dan dioptimalkan secara menyeluruh!

WP-Optimize memungkinkan Anda untuk membersihkan dan mengoptimalkan basis data Anda, memberi Anda opsi untuk mengompres gambar Anda, dan memungkinkan Anda melakukan cache halaman Anda, untuk waktu pemuatan super cepat.

8. LiteSpeed Cache untuk Kecepatan Loading Website

 WordPress.org LiteSpeed Cache

Plugin LiteSpeed Cache merupakan management tool caching. Tujuannya untuk mempercepat waktu loading website karena dilengkapi dengan fitur optimasi yang memadai.

Dampaknya, website memiliki skor kecepatan loading yang lebih tinggi dibandingkan dengan situs lain. Plugin WordPress yang satu ini berbasis PHP, open source, dan bisa digunakan secara cuma-cuma alias gratis.

Selain LiteSpeed, ada juga W3 Total Cache yang fungsinya serupa dengan LiteSpeed. Tingal pilih saja salah satunya.

Kecepatan akses merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah website. Kemampuan caching W3 Total Cacheakan meringankan beban dan menjadikan website lebih cepat.

9. WPA SEO Auto Linker

 WordPress.org WPA SEO Auto Linker

Plugin ini untuk membuat link otomatis dalam postingan. WPA SEO Auto Linker membantu menyelesaikan masalah konten landasan secara otomatis. Internal linking disarankan Google dan menjadi salah satu kekuatan SEO Wikipedia.

Cukup buat kata kunci baru atau frasa baru. Sistem akan menautkan kata kunci atau frasa itu dengan URL dofollow yang Anda pilih. Melalui pengaturan ini, mudah untuk menyelesaikan pekerjaan plugin ini. Untuk kinerja, yang terbaik adalah menggunakan mesin caching.

10. WP 404 Auto Redirect to Similar Post

WP 404 Auto Redirect to Similar Post

Plugin ini sangat bagus untuk mengatasi broken link. Jika ada halaman yang sudah dihapus atau ganti permalink/url, maka plugin ini akan mengarahkan halaman 404 Error Not Found ke postingan yang mirip berdasarkan kata kunci dalam judul.

Jika masih tidak ditemukan, maka halaman akan otomatis mengarah ke homepage.

Plugin ini secara otomatis mengarahkan 404 halaman ke posting serupa berdasarkan Judul, Jenis Posting & Taksonomi. Jika tidak ditemukan yang serupa, pengunjung akan diarahkan ke beranda atau URL khusus.

Baca Juga:  Cara Membuat Website WordPress - Panduan untuk Pemula

Plugin ini secara otomatis mendeteksi 404, mencari pos serupa berdasarkan beberapa faktor (judul, jenis posting potensial, potensi taksonomi), dan jika tidak ada yang serupa ditemukan, kita bisa atur untuk menglihkan ke beranda, redirect ke URL khusus, atau Tampilkan halaman 404 default.

Itu dia 10 Plugin Penting Wajib Pasang di Website WordPress versi Rumah Komunikasi.

Plugin Tambahan

Berikut ini plugin alternatif atau opsional, tergantung tema yang Anda gunakan.

1. Smush

Plugin ini mengoptimalkan gambar, aktifkan pemuatan malas, ubah ukuran, kompres, dan tingkatkan Google Page Speed Anda dengan pemusnahan gambar WordPress yang sangat kuat dan 100% gratis, dipersembahkan oleh superteam di WPMU DEV!

2. WPFront Scroll Top

Jika tema yang Anda gunakan tidak memiliki fitur tombol kembali ke atas (back to top button), mala plugin ini alternatif terbaik.

3. Widget Options

Plugin ini berguna mengatur tampilan widget di halaman depan, single post, page, dll. Misalnya, widget recent posts di sidebar hanya dimunculkan di halaman postingan, tidak di halaman depan.

4. Classic Editor

Sejak WordPress versi 5 direlease, fitur editor klasik dihapus. Di versi 5, WordPress sepenuhnya menggunakan Gutenberg sebagai satu-satunya editor yang bisa Anda gunakan.

Hal ini mungkin disesalkan sebagian besar oleh pengguna WordPress, karena tentu mereka sudah nyaman menggunakan versi classic editor yang dianggap lebih simple.

Namun, WordPress juga menyiapkan plugin agar Anda bisa menggunakan classic editor seperti biasanya, yakni Plugin Classic Editor ini.

5. WP-PostViews

Plugin ini untuk menampilkan jumlah kunjungan pada postingan. Jika tema WP yang Anda gunakan tidak menyediakan fitur ini, maka WP-PostViews merupakan plugin terbaik. Data kunjungan akan muncul di bawah judul postingan, sejajar dengan meta author dan meta date.

6. Inline Related Posts

Plugin ini untuk meningkatkan SEO. Ia menampilkan related post di tengah postingan, sebagaimana lazim di situs-situs berita dengan teks “Baca Juga”.*

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *