Home Blogging Pengertian Blog, Blogger, Blogging

Pengertian Blog, Blogger, Blogging

51

Blog merupakan bagian dari website dan internet. Berikut ini pengertian blog, blogger, dan blogging yang merupakan bagian dari komunikasi.

pengertian blog blogger blogging

KETIKA internet belum hadir, orang tidak bisa memiliki media sendiri, kecuali punya modal banyak, membuat perusahaan pers, dan mengajukan izin membuat media.

Informasi pun hanya diproduksi dan penyebarannya dimonopoli oleh media-media yang kini disebut media konvensional: surat kabar, majalah, tabloid, radio, dan televisi.

Kehadiran internet diiringin kehadiran dan perkembangan website atau world wide web (www) sebagai halaman di internet yang menyediakan beragam informasi membuat semua orang kini bisa memiliki media sendiri, berupa website.

Website merupakan koleksi dokumen multimedia yang dimasukkan dan dapat diakses dalam jaringan internet.

Salah satu jenis website itu adalah blog. Umumnya, blog merupakan website pribadi dan dibuat di platform blog gratis seperti Blogger dan WordPress.

Pengertian Blog

Istilah blog merupakan singkatan dari weblog atau web log. Istilah ini awalnya merujuk pada sebuah halaman websiter berisi link yang mengarah pada berbagai halaman website.

Blog kemudian didefinisikan sebagai sebuah jurnal online berisi tulisan, umumnya disertai foto (gambar), tentang berbagai topik.

Dalam KBBI Daring, blog diartikan sebagai “catatan harian atau jurnal pribadi di internet yang dapat diakses oleh siapa saja”.

Umumnya blog berisikan pengalaman dan pengetahuan, serta semacam “buku harian” (diary).

Literatur tentang blog umumnya mengartikan blog sebagai jenis website yang umumnya tersusun secara kronologis dari postingan (tulisan) terbaru di bagian teratas halaman utama hingga tulisan sebelumnya yang ada di bagian bawah.

“a blog is a type o f website that is usually arranged in chronological order from the most recent ‘post’ (or
entry) at the top o f the main page to the older entries towards the bottom” (Darren Rowse).

Pengertian blog lainnya menyebutkan, blog adalah diskusi atau situs informasional yang diterbitkan di World Wide Web yang terdiri dari entri teks gaya buku harian diskrit dan informal.

Posting (tulisan atau isi blog) biasanya ditampilkan dalam urutan kronologis terbalik, sehingga posting terbaru muncul lebih dulu, di bagian atas halaman web.

Blog umumnya menampilkan kolom komentar dan tautan (link) ke artikel di situs web lain. Isi blog berkisar dari masalah pribadi hingga politik, dan dapat berfokus pada satu subjek sempit atau berbagai subjek.

Banyak blog berfokus pada topik tertentu, seperti desain web, pementasan rumah, olahraga, atau teknologi seluler.

Beberapa lebih eklektik, menampilkan tautan ke semua jenis situs lain. Lainnya lebih seperti jurnal pribadi, menyajikan kehidupan dan pemikiran penulis sehari-hari.

pengertian blog blogger blogging

Pengertian Blogger

Blogger adalah orang yang menulis atau melakukan entri data dalam sebuah blog.

Seorang blogger adalah orang yang memiliki atau menjalankan blog atau orang yang mengelola blog.

Istilah “blogger” dalam pengertian pemilik dan pengelola blog sudah diserap kedalam bahasa Indonesia menjadi “bloger”.

Dalam KBB Daring disbeutkan, bloger artinya “sebutan untuk orang yang mengeblog; pengeblog; narablog”.

Para blogger berbagai pengalaman dan pengetahuan melalui blognya.

blogger-bloger

Pengertian Blogging

Blogging mengacu pada tulisan, fotografi, dan media lain yang diterbitkan sendiri secara online.

Blogging adalah aktivitas yang dilakukan untuk memelihara sebuah blog atau menambah artikel (content) ke sebuah blog.

Sederhananya, blogging adalah membuat dan mengelola sebuah blog.

Blogging dimulai sebagai kesempatan bagi individu untuk menulis entri bergaya buku harian, tetapi sejak itu telah dimasukkan ke dalam situs web untuk banyak bisnis.

Blog kini sudah menjadi salah satu alat pemasaran online yang dikenal dengan sebutan business blogging atau corporate blogging.

Dalam konteks digital marketing, blogging merupakan upaya pemasaran konten (content marketing) baik dilakukan dalam website utama (menu atau kategori “Blog”) maupun dengan membuat blog khusus marketing yang mendampingi atau mendukung website utama.

pengertian blog blogger blogging

Manfaat Blog

Sebuah blog memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah untuk bisnis atau jualan online, untuk menyalurkan kegemaran menulis, untuk pendidikan, untuk menerbitkan jurnal, dan sebagainya.

Berikut ini beberapa manfaat ngeblog sebagaimana dikutip dari Skill You Need.

1. Mengasah Keterampilan Menulis

Menulis adalah keterampilan yang sangat berharga. Meskipun ada sebagian yang menganggap penulis dilahirkan dengan bakat seperti itu, sebagian besar blogger akan menegaskan bahwa seni komunikasi dipelajari melalui latihan yang konsisten.

Ketika Anda secara konsisten membuat blog, Anda akan mulai lebih memperhatikan pilihan kata, struktur kalimat, nada, dan salinan tulisan.

Mempelajari cara menulis posting blog yang baik pasti akan menyempurnakan keterampilan menulis Anda dalam prosesnya.

2. Menjadi Pemikir yang Lebih Terorganisir

Menulis memberi Anda waktu untuk mengatur pikiran Anda serta memikirkan ulang, menyusun ulang, menghapus, mengedit, dan mengubah keyakinan Anda.

Itulah hal yang indah tentang menulis – ini memberi Anda waktu untuk menganalisis koherensi dan logika di balik pemikiran Anda.

Latihan ini pada akhirnya dapat menjadi bagian dari proses pemikiran mental Anda dalam kehidupan sehari-hari, menuntun Anda menjadi pemikir yang lebih baik.

3. Memiliki Outlet Emosional yang Sehat

Ini terutama benar jika Anda mencari blog untuk tujuan pribadi. Meskipun blog Anda mungkin tidak dimaksudkan sebagai “buku harian rahasia”, itu masih bisa berfungsi sebagai pelampiasan emosional.

Penelitian telah menunjukkan, menulis membantu orang sembuh secara emosional setelah mengalami pengalaman traumatis.

Sekalipun pengalaman Anda mungkin tidak dianggap traumatis, menulis dapat berfungsi sebagai cara untuk mengatasi kesulitan mental dan fisik dalam hidup.

4. Mengembangkan Kebiasaan yang Lebih Sehat

Blogging adalah aktivitas yang membutuhkan tingkat kedisiplinan, komitmen, dan waktu tertentu.

Tentu, Anda dapat mengabaikan blog Anda saat Anda menginginkannya, tetapi jika Anda memiliki tujuan dan ingin orang benar-benar mengunjungi blog Anda, Anda memerlukan beberapa derajat pengaturan dan manajemen waktu.

Bagian terbaiknya adalah penguatan positif. Semakin banyak orang mulai membaca, berkomentar, dan berbagi blog Anda, Anda akan semakin termotivasi.

Begitulah cara sebagian besar blogger amatir bertransisi menjadi blogger profesional penuh waktu.

5. Anda Akan Terkena Perspektif Lain

Dalam proses meneliti ide posting blog baru, blogger dihadapkan pada perspektif yang berbeda.

Mirip dengan berinteraksi dengan orang baru yang memiliki ide dan pendapat berbeda, blog membuka Anda untuk belajar dan memperluas wawasan Anda.

Dengan audiens Anda berpotensi menjadi seluruh internet, Anda memiliki bonus tambahan untuk menemukan budaya yang berbeda, cara hidup, proses berpikir, dan masalah kehidupan.

Hasilnya adalah Anda akan menjadi individu yang berpikiran terbuka dan berpengetahuan luas.

6. Dapat Membuat Perubahan dalam Kehidupan Orang Lain

Ya, Anda memulai sebuah blog tentunya dapat membuat perbedaan dalam kehidupan orang lain.

Tidak peduli apa yang Anda diskusikan atau seberapa unik situasi Anda, selalu ada kemungkinan orang lain mengalami tantangan, dilema, atau situasi yang serupa.

Posting blog Anda dapat terhubung dengan pembaca pada tingkat intelektual atau emosional, membantu mereka mengatasi peristiwa traumatis, menginspirasi mereka untuk mencoba sesuatu yang baru, dan / atau membuat keputusan untuk meningkatkan kehidupan mereka.

Jika Anda pakar finansial, Anda bisa membantu orang membuat keputusan keuangan yang lebih baik.

Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa potensi blog Anda tidak akan memenuhi syarat untuk “mengubah dunia”, bagi satu orang itu Anda mungkin telah menjadi katalisator untuk acara yang mengubah hidup, membuat semua perbedaan di dunianya!

7. Anda Akan Lebih Percaya Diri

Perlu membangun kepercayaan diri? Mulailah ngeblog, dan Anda mungkin mendapatkan apa yang Anda inginkan / butuhkan.

Ketika Anda membuat blog tentang topik yang menarik perhatian pembaca Anda dan mereka menanggapi Anda melalui komentar, email, atau jejaring sosial, Anda pasti akan mendapatkan aliran emosi positif.

Anda akan segera menyadari bahwa Anda memang memiliki sesuatu yang penting untuk dikatakan dan dibagikan kepada dunia, dan itu akan mendorong Anda untuk mengungkapkan pikiran Anda lebih sering.

8. Blogging dapat Menawarkan Peluang Baru

Blogging membuka peluang baru terutama karena blog dapat dibaca oleh siapa saja di dunia.

Siapa yang tahu siapa yang menemukan blog Anda? Jika Anda memiliki tujuan konkret sejak awal (misalnya menggunakan blog Anda sebagai resume atau menjadikan diri Anda sebagai ahli yang kredibel dalam suatu industri), maka Anda secara alami akan mengambil langkah-langkah untuk mencapai tujuan tersebut.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin diundang untuk berbicara di konferensi, menulis kolom untuk media besar, atau menetapkan diri Anda sebagai pemimpin komunitas.

Anda bahkan dapat menemukan karier yang Anda sukai dan lebih sesuai dengan keterampilan dan bakat Anda.

Terakhir, pekerjaan baru mungkin tidak secara langsung berhubungan dengan blog Anda, tetapi seperti yang telah kita diskusikan di atas, blog dapat membantu Anda mengembangkan sejumlah keterampilan yang dapat ditransfer yang diperlukan untuk berhasil dalam lingkungan profesional. Misalnya, hampir semua perusahaan mencari keterampilan menulis, komunikasi, presentasi, pemikiran kritis, dan kepemimpinan – semua efek samping dari menulis blog.

9. Potensi Menghasilkan Uang

Blogging untuk uang adalah salah satu topik terpanas hari ini, dan sebenarnya ini adalah ceruk yang penuh dengan peluang.

Anda bisa memulai blog dengan tujuan menghasilkan uang, tetapi Anda juga bisa memulai blog tanpa tanda dolar sekejap mata.

Apa pun titik awal Anda, bagaimanapun, ada potensi untuk menghasilkan uang.

Baik Anda menjual ruang iklan, merekomendasikan produk atau layanan, atau menjadi pekerja lepas, blog dapat menjadi penghasilan sampingan atau bisnis penuh waktu.

Demikian pengertian blog, blogger, blogging, dan manfaatnya bagi Anda.*

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here